Our Blog

Cara Perawatan Berkala Service Tune Up Genset

Genset merupakan sebuah mesin generator penghasil listrik yang menggunakan solar sebagai bahan bakar yang digunakan oleh kebanyakan mesin genset. Seperti mesin-mesin generator lainnya, genset juga memerlukan perawatan service secara berkala untuk tetap menjaga performa penggunaannya. Cara perawatan genset ini sangat variatif dan disesuaikan dengan keadaan genset itu sendiri. 

Melakukan perawatan berkala untuk genset menjadi hal yang sangat penting, tapi sayangnya banyak orang yang tidak sadar akan hal itu. Padahal jika genset tidak mendapatkan perawatan dan serive yang maksimal tentu akan mengganggun terhadapat kinerjanya. Untuk itu, mulailah dari sekarang selalu memastikan genset kamu mendapatkan perawatan secara berkala dengan dilakuan oleh orang-orang yang kompeten dalam bidang tersebut.

Nah, berikut adalah cara service tune up genset yang paling umum untuk dilakuan namun memiliki dampat yang sangat besar jika kamu melakukannya secara rutin dan terjadwal. Penasaran dengan bagaimana cara perawatan berkala genset? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut!

Jaga Genset Agar Tetap Baik

Untuk memastikan genset mendapatkan service tune up yang baik maka sebelum itu kamu juga harus bisa menjaga penempatan untuk genset. Mulai dari menempatkan genset ditampat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik karena jika ditempatkan sembarangan tentu dapat merusak mesin genset juga. Selain itu, jaga pula kebersihan genset untuk memastikan tidak ada debu dan kotoran yang menempel. 

Pastikan kamu tidak menggunakan genset diatas batas penggunaannya karena itu dapat membuat mesin genset bekerja berlebihan dan menghasilkan udara panas yang tinggi sehingga membuat mesin cepat rusak. Tetap gunakan genset secukupnya agar genset lebih awet dan tahan lama.

Lakukan Penggantian Komponen Mesin

Penggantian komponen mesin ini merupakan rangkaian dari service tune up genset untuk sesegera mungkin mengganti komponen-komponen yang bermasalah agar tidak mengakibatkan kerusakan yang berat seperti komponen penggerak, oli dan lainnya. Lakukan penggantian komponen mesin sesuai jangka waktu yang tepat agar tetap menjaga performa genset. Namun, kamu juga harus melakukan pengecheckan mesin minimalnya setiap bulan untuk memastikan tidak ada komponen mesin yang rusak harus diganti. 

Pemeriksaan Bahan Bakar 

Selain penggantian dan pemeriksaan pada komponen-komponen mesin genset, kamu juga harus melakukan pemeriksaan pada bahan bakar karena hal ini sangat penting untuk membuat genset selalu dalam keadaan siap pakai. Memang bahan bakar untuk genset itu berbeda-beda, mulai dari solar, bensin dan LPG yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing namun usahakan untuk memastikan bahan selalu siap sedia karena jika bahan bakar tidak mencukupi maka genset akan mudah rusak karena kekeringan bahan bakar.

Penggantian Battery 

Salah satu kunci untuk melakukan perawatan berkala genset adalah dengan memastikan penggantian battery pada distilled yang memang mengharuskan kamu untuk mengisi ulang baterai tersebut setiap tahunnya agar genset bisa memaksimalkan performanya saat digunakan. Melakukan pengisian ulang untuk genset ini sangatlah penting karena bisa membuat genset tetap terawat baik dengan mesin genset yang bekerja secara maksimal.

Lakukan pemeriksaan secara konsisten

Hal terakhir untuk melakukan perawatan berkala genset adalah tetap memasikan perawatan ini dilakukan secara konsisten dan terjadwal agar pengecheckan bisa lebih maksimal. Ya, minimal pengecheckan genset ini dilakuan setiap bulan dengan orang-orang yang memang mengetahui tetang mesin agar jika ada masalah yang ditemukan dapat segera ditangani dengan baik.

Nah, itulah cara-cara untuk melakukan perawatan berkala genset agar tetap menjaga performa dan penggunaannya. Selalu usahakan untuk melakukan service tune up dengan baik dan didilakuan oleh orang-orang yang kompeten.

Post Comment