Our Blog

Jasa Servis Alternator dan Jual Alternator

Perawatan mobil harus selalu diperhatikan oleh pemiliknya. Mobil harus rutin dirawat supaya kondisi komponen di dalamnya selalu terjaga dengan baik. Dengan begitu, mobil selalu dalam keadaan prima ketika hendak digunakan. Salah satu komponen penting yang perawatannya harus selalu diperhatikan ialah alternator. Komponen yang juga disebut sebagai dinamo ampere ini berperan untuk mengonversikan energi mekanik menjadi energi listrik arus bolak-balik. Alternator yang rusak akan mengakibatkan pemakaian daya yang lebih besar sehingga aki menjadi ‘soak’. Jika alternator rusak, Anda perlu mencari jasa servis alternator dan jual alternator terpercaya untuk mengatasinya.

Mengapa Alternator Mengalami Kerusakan?

Sebenarnya, alternator atau dinamo ampere termasuk komponen mobil yang cukup jarang mengalami kerusakan. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui penyebab kerusakan alternator sehingga Anda dapat menghindarinya.

1.      Keluaran Energi Alternator yang Terlalu Tinggi

Terlalu tingginya output atau keluaran energi alternator dapat menjadi penyebab rusaknya alternator. Tingginya keluaran energi tersebut terjadi karena komponen elektrik yang pemasangannya tidak standar dan bebannya terlalu besar.

2.      Kontak Carbon Brush dengan Rotor Slip Rings yang  Tidak Baik

Kondisi kontak antara carbon brush dengan rotor slip rings yang tidak baik dapat menyebabkan alternator bermasalah. Pasalnya, kondisi tersebut mengakibatkan terhambatnya arus listrik menuju rotor coil pada alternator.

3.      Kendurnya Belt

Penyebab ketiga kerusakan alternator ialah kendurnya belt. Belt yang kendur sampai terlepas dari putarannya akan mengakibatkan alternator tidak berjalan dengan baik.

Ciri Alternator yang Bermasalah

Ada beberapa ciri atau tanda ketika alternator mobil sedang bermasalah yang perlu Anda ketahui. Jika Anda menemukan ciri-ciri berikut, Anda dapat membawanya ke jasa servis alternator dan jual alternator agar segera diatasi.

1.      Muncul Bau Terbakar

Apabila Anda tiba-tiba mencium bau karet terbakar, segera cari asal bau tersebut. Jika yang terbakar adalah kabel alternator, maka Anda harus segera membawanya ke bengkel. Kabel alternator sendiri dapat terbakar karena gesekan akibat belt yang pemasangannya tidak baik.

2.      Lampu Mobil Meredup atau Terlalu Terang

Lampu mobil bagian depan yang meredup merupakan tanda melemahnya suplai listrik dari alternator. Sementara itu, jika lampu justru menyala dengan sangat terang, bisa jadi daya yang dihasilkan terlalu tinggi sehingga aki menjadi cepat panas.

3.      Adanya Decitan dari Kap Mobil

Tanda ketiga yang dapat ditangkap melalui indera ialah suara decitan yang berasal dari kap mobil. Suara tersebut muncul akibat tidak sejajarnya posisi puli pemutar alternator. Selain itu, decitan juga dapat disebabkan telah ausnya fan belt pemutar alternator.

4.      Lampu Indikator yang Menyala

Lampu indikator yang terdapat di dasbor biasanya akan menyala saat menurunnya energi listrik dari baterai. Akan tetapi, jika hal itu tidak disebabkan oleh masalah pada aki, maka ada kemungkinan alternator mobil sedang bermasalah.

5.      Aki yang Tidak Berfungsi dengan Normal

Sering kali orang-orang menganggap bahwa menurunnya suplai energi listrik disebabkan oleh aki yang bermasalah. Padahal, bisa saja hal itu terjadi karena adanya masalah pada alternator. Jika pengisian daya ulang atau penggantian aki sudah dilakukan, tetapi mobil masih bermasalah, kemungkinan alternator mengalami kerusakan.

Jika mobil Anda sedang bermasalah dengan tanda-tanda di atas, sebaiknya segera bawa ke bengkel terpercaya. Ready Craft dapat menjadi pilihan yang menarik sebagai jasa servis alternator dan jual alternator berkualitas. Anda berkesempatan mendapatkan pelayanan terbaik dengan harga termurah dari brand ternama.

Post Comment