Our Blog

Jasa Servis, Jual, dan Maintain Genset Silent Trailer

Genset memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih saat dilakukan pemadaman listrik karena penyebab tertentu. Selain itu, Genset biasanya digunakan saat mengadakan kegiatan tertentu yang membutuhkan pasokan listrik yang besar. Genset sendiri ada beberapa macam, salah satunya genset silent trailer yang merupakan gabungan dari genset silent type dengan trailer. Genset jenis ini biasanya dimanfaatkan saat membutuhkan mobilitas tinggi. Oleh karena fungsinya yang penting, setiap pemilik harus merawat genset secara rutin. Saat mengalami kerusakan, genset dapat dibawa ke penyedia jasa servis, jual, dan maintain genset silent trailer.

Penyebab Genset Tidak Menyala

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada genset ialah tidak bisa menyala. Ada beberapa penyebab genset tidak bisa menyala yang perlu Anda ketahui.

1.      Aki Genset Tekor

Jika genset Anda mulai sulit dinyalakan atau di-starter, maka ada kemungkinan baterai atau aki genset tekor. Aki yang tekor membuat mesin sulit untuk digerakkan saat pertama kali dinyalakan. Pasalnya, aki tidak mampu membuat putaran yang tinggi dan kompresi bahan bakar menjadi tidak sempurna. Jika hal itu terjadi, Anda dapat mengecek permukaan air elektrolit aki secara rutin agar berada pada level yang mencukupi. Anda juga dapat membersihkan terminal aki dengan air panas atau menggantinya dengan aki yang baru. Selain itu, tidak ada salahnya untuk membawa genset ke jasa servis, jual, dan maintain genset silent trailer supaya dapat diperbaiki.

2.      Jarang Dipanasi

Genset yang jarang dipanasi dapat mengakibatkan genset menjadi susah dinyalakan. Jika genset jarang dipanasi, oli pelumas akan kembali ke tangki oli akibat pengaruh gaya gravitasi. Hal itu mengakibatkan komponen mesin yang ada menjadi karatan. Oleh karena itu, genset harus dipanasi secara rutin, setidaknya seminggu sekali untuk menjaga sirkulasi oli.

3.      Mesin Mengalami Kemacetan

Apabila mesin genset Anda tiba-tiba mati saat sedang digunakan, lalu sulit untuk dinyalakan kembali, artinya mesin sedang mengalami kemacetan. Kemacetan tersebut terjadi karena mesin mengalami kepanasan. Untuk menghindarinya, Anda dapat mengecek sistem pendinginan dan pelumasan secara rutin agar selalu dalam kondisi terbaik. Bila keduanya mengalami gangguan, maka panas yang dihasilkan menjadi sangat tinggi dan mengakibatkan mesin menjadi macet.

4.      Ada Air yang Tercampur ke Bahan Bakar

Penyebab selanjutnya yang membuat genset sudah dinyalakan ialah adanya campuran air pada bahan bakar. Air yang tercampur ke dalam bahan bakar akan membuat berkurangnya jumlah solar yang masuk ke ruang pembakaran. Hal itu dapat mengakibatkan mesin sulit digerakkan, bahkan tidak bisa sama sekali. Selain itu, air tersebut juga berisiko menimbulkan karat dan mengganggu kinerja mesin. Supaya hal itu tidak terjadi, Anda dapat mengecek tanki dan memastikannya dalam keadaan baik. Anda dapat menguras dan mengeringkan tanki agar tidak ada air yang tercampur ke bahan bakar.

5.      Genset Masuk Angin

Tidak hanya manusia, genset pun juga bisa mengalami masuk angin. Kondisi tersebut terjadi ketika ada angin yang masuk ke saluran injeksi bahan bakar. Hal itu dapat membuat berkurangnya tekanan solar sehingga tidak bisa mengalir ke ruang pembakaran dengan baik. Penyebab masuknya angin tersebut kemungkinan terjadi karena keterlambatan pengisian bahan bakar sampai habis atau terjadi kebocoran pada komponen sistem bahan bakar.

Bagi Anda yang sedang mencari atau hendak menyervis genset, Anda dapat mempercayakannya ke bengkel-bengkel bereputasi. Salah satunya adalah Ready Craft yang telah berpengalaman selama puluhan tahun di bidang ini. Selain jasa servis, jual, dan maintain genset silent trailer, masih banyak penawaran menarik dari Ready Craft.

Post Comment