Our Blog

Jasa Servis Genset Silent, Maintain, dan Jual Unit

Generator Set atau yang kerap disebut sebagai genset sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Pada umumnya, genset dimanfaatkan di kantor, toko, atau saat acara hajatan karena membutuhkan pasokan listrik yang besar. Selain itu, genset sangat berguna saat terjadi pemadaman listrik atau terjadi gangguan listrik. Karena fungsinya yang begitu vital, genset harus dirawat dengan benar supaya tidak cepat mengalami kerusakan. Selain di rawat sendiri, Anda juga dapat menggunakan Authorized dealer genset perkins , maintain, dan jual unit untuk perawatan genset.

Perawatan Genset yang Baik

Perawatan genset sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Genset yang terawat dapat digunakan dalam keadaan optimal dan lebih awet. Beberapa cara merawat genset berikut dapat Anda lakukan.

1.      Operasikan dengan Benar

Untuk genset yang baru saja dibeli, pastikan Anda memahami petunjuk pengoperasiannya terlebih dahulu. Dengan mengikuti petunjuknya, Anda dapat meminimalisasi terjadinya kerusakan pada genset. Jika terjadi kerusakan yang tidak Anda lakukan, Anda dapat memanfaatkan garansi yang masih aktif.

2.      Matikan Genset Saat Ada yang Janggal

Beberapa hal janggal yang mungkin terjadi pada genset adalah muncul suara yang terlalu keras dibandingkan biasanya, getaran yang terlalu kuat, dan sebagainya. Jika hal itu terjadi, segera matikan genset dan lakukan pengecekan kondisi mesinnya. Anda juga dapat mempercayakan pengecekan kepada jasa servis genset silent, maintain, dan jual unit.

3.      Perhatikan Kebersihan Genset

Kebersihan genset sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan Anda membersihkan genset secara teratur supaya tidak ada kotoran, debu, air, minyak, dan lain-lain yang menempel pada genset. Bagian penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah radiator genset agar tidak cepat rusak. Genset yang bersih akan dapat difungsikan dengan optimal.

4.      Perhatikan Penempatan Genset

Genset sebaiknya diletakkan pada tempat yang aman. Pastikan Anda meletakkan genset pada lokasi yang jauh dari terik matahari, air, dan lain sebagainya. Hal itu sangat penting untuk dilakukan agar genset tidak terkena material yang dapat menyebabkan kerusakan pada genset.

5.      Perhatikan Tempat Pengoperasian Genset

Tempat pengoperasian genset juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Sebaiknya Anda mengoperasikan genset di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Dengan ruangan seperti itu, gas pembuangan dari sisa pembakaran dapat keluar dan dibuang dengan baik. Hal itu juga dapat membuat mesin genset tidak mengalami overheating.

6.      Lakukan Pengecekan Kabel Instrumen

Kabel instrumen merupakan komponen penting dalam genset. Kabel yang putus atau tidak berfungsi akan mengganggu sistem kerja dari mesin genset. Oleh karena itu, pastikan kabel instrumen di dalamnya terjaga dengan baik.

7.      Lakukan Penggantian Spare Part Genset

Komponen genset yang telah usang akan memengaruhi kinerja genset. Apalagi jika genset sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. Untuk menghindari berkurangnya fungsi genset, Anda dapat melakukan penggantian spare part yang sudah usang. Dengan begitu, genset tetap dapat digunakan dengan optimal.

8.      Lakukan Pengecekan Oli Mesin

Selain melakukan penggantian spare part, Anda juga perlu mengganti oli secara teratur. Lakukan pengecekan oli mesin untuk memastikan oli terisi dengan jumlah yang sesuai. Oli yang sudah keruh dan jumlahnya berkurang, perlu diganti dengan yang baru. Biasanya oli perlu diganti setiap enam bulan sekali.

Perawatan genset sebaiknya memang dilakukan secara rutin supaya selalu siap untuk digunakan. Jika tidak merawatnya sendiri, Anda dapat membawa genset ke jasa servis genset silent, maintain, dan jual unit terpercaya. Ready Craft merupakan penyedia jasa yang dapat Anda pertimbangkan. Berbagai jenis genset dapat dirawat dan diperbaiki oleh Ready Craft dengan pelayanan terbaik, mulai dari genset silent type, trailer, dan lain sebagainya.

Post Comment